Senin, 14 Mei 2012

Teknik Vokal

Teknik vokal adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan alat-alat vokal yang dimliki sehingga dapat menshasilkan suara yang sempurna. Beberapa alat vokal yang harus diperhatikan dalam teknik vocal adalah:
a. Sikap badan.
Sikap badan seseorang dalam bernyanyi adalah berdiri tegak tidak kaku atau tegang, pandangan selalu ke depan. Jika duduk, duduklah dengan posisi tegak (tidak membungkuk) karena akan mengganggu pernapasan.
b. Pernapasan.
Dalam bernyanyi ada tiga pernapasan yaitu pernapasan dada, pernapasan perut, dan pernapasan diafragma. Dari ketiga pernapasan tersebut yang paling efektif digunakan dalam bernyanyi adalah pernapasan diafragma. Cara kerja pernapasan diafragma: dalam rongga badan terdapat sekat rongga yang cembung yang membatasi rongga dada dan perut yang dianamakan diafragma. Bila sekat pada rongga badan itu mendatar maka akan terjadi pengembangan pada rongga perut dan rongga dada sebelah bawah, sehingga udara akan masuk ke paru-paru dengan leluasa sesuai dengan kekuatan hirupan yang dilakukan.
c. Frasering.
Frasering artinya pemenggalan kalimat lagu. Dalam bernyanyi hendaknya pemenggalan kalimat lagu dilakukan di tempat yang tepat, sehingga tidak mengurangi arti dari kalimat lagu yang sebenarnya.
d. Intonasi.
Intonasi adalah ketepatan nada. Maksudnya, jika seseorang bernyanyi hendaknya letupan suara harus sesuai dengan tinggi rendahnya nada. Jangan sampai nada yang harusnya tinggi dinyanyikan rendah.
e. Interpretasi.
Yang dimaksud dengan interpretasi dalam musik adalah pesan dari lirik jiwa syair lagu. Dalam penyajian suatu lagu penyanyi dituntut bagaimana agar pesan jiwa lagu tesebut dapat tercermin sesuai dengan lirik lagu. Untuk menunjang terciptanya interpretasi dapat dilakukan dengan mengekspresikan pada gerak, jiwa, dan irama.

Selain menggunakan teknik vokal, penyanyi juga harus memperhatikan terhadap notasi lagu yang akan dibawakan. Notasi adalah catatan atau tulisan nada pada lagu. Ada dua macam notasi lagu, yaitu notasi angka dan notasi balok.
Notasi angka adalah notasi yang ditulis menggunakan angka arab. Sedangkan notasi balok adalah notasi yang dituliskan dengan lambang atau simbol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar